TIPS MENGATASI RASA MALAS

Tips Mengatasi Rasa Malas  - Semua orang pasti pernah merasakan malas. Hal ini, umum dan sudah menjadi bagian alami dari kehidupan, tetapi jika rasa malas ini kita biarkan saja, ia memiliki potensi untuk membunuh kita. Hmm... Serem yah... :)



Perasaaan malas memiliki bentuk bermacam-macam, tapi secara umum bisa kita bagi menjadi dua jenis kemalasan. Pertama, kemalasan yang timbul akibat terlalu lelah bekerja, melakukan aktivitas monoton yang pada akhirnya membuat kita jenuh. Tetapi ada juga jenis kemalasan yang sudah menjadi kebiasaan, sehingga susah untuk dihilangkan.



Saya sendiri termasuk golongan pemalas, dan perasaan ini seringkali menyusahkan diri sendiri di kemudan hari. Apapun bentuk kemalasan yang menggerogoti kita harus segera kita binasakan, atau lambat laun dia yang akan membinasakan kita.

Kali ini saya coba untuk membahas cara menghilangkan rasa malas yang mungkin tidak hanya saya saja yang sering mengalaminya. Inilah beberapa cara yang bisa kita lakukan :

1. Fokus hanya pada satu hal (pekerjaan) dalam satu waktu

Sebagai guru honorer yang mengajar di beberapa sekolah, saya sering mengalami waktu di mana saya harus mengerjakan beberapa tugas dari sekolah-sekolah yang saya tempati. Ditambah tugas sebagai operator di dua sekolah semakin banyak saja tugas administrasi yang harus saya kerjakan.

Berdasarkan pengalaman saya, semakin banyak tugas terkadang malah membuat kita pusing menentukan tugas yang mana dulu yang harus kita kerjakan. Kalau sudah begini, kadang malah saya tinggalkan semuanya, dan akhirnya banyak waktu yang terbuang tanpa menyelesaikan satu tugaspun.

Untuk mengatasi keadaan tersebut ada baiknya kita fokuskan diri untuk menyelesaikan satu tugas, baru kemudian mengerjakan tugas lainya.



2. Buatlah diri Anda santai dan nikmati pekerjaan Anda

Seringkali kita sudah merasa malas, sebelum kita memulai pekerjaan. Ketika kita melihat setumpukan map berisi data-data yang harus kita kerjakan, maka langsung timbul perasaan malas, jangankan menyentuhnya, baru melihatnya saja kita sudah merasa jenuh.

Solusinya adalah dengan membuat diri kita merasa santai. Misalkan saja kita buka laptop, memutar musik kesukaan kita, kemudian secara perlahan kita kerjakan pekerjaan kita satu persatu sambil menikmati musik. Tidak perlu tergesa-gesa, yang penting kita menikmati.

Dengan cara seperti ini, kita akan menyelesaikan pekerjaan tanpa kita sadari, hal ini karena kita lebih fokus pada menikmati musik daripada mengerjakan tugas.

Menganggap serius pekerjaan terkadang justru akan membuat pekerjaan itu tidak cepat selesai. Mungkin karena pikiran kita bekerja terlalu keras. Tapi hasilnya akan berbeda jika kita lebih fokus pada hal yang membuat kita santai, dan sedikit meremehkan pekerjaan kita. Dengan menganggap pekerjaan bukan sesuatu yang memusingkan maka kita akan mengerjakannya tanpa rasa malas.



3. Cobalah untuk beristirahat dan menyelingi pekerjaan dengan hoby kita

Jika sudah terlalu jenuh, luangkanlah waktu untuk beristirahat. Kita bisa melakukan hal-hal yang kita sukai untuk menyelingi pekerjaan kita. Biasanya jika saya sudah merasa jenuh mengerjakan tugas, saya akan menutup laptop kemudian saya ambil gitar, dan memainkan beberapa lagu. Dengan cara ini seolah-olah kita akan mendapat energi baru. Anda bisa melakukan apa saja yang anda sukai untuk memulihkan semangat bekerja.


4. Keluar rumah dan hiruplah udara segar

Suasana ruang kerja yang pengap, turut berperan dalam membuat pikiran kita menjadi malas. Untuk mendapatkan kesegaran baru, cobalah untuk keluar rumah dan hirup udara segar.

5. Berolahraga

Duduk seharian di depan komputer membuat tubuh kaku, karena kurang gerak. Dengan berolahraga kita akan mempunyai semangat baru. Kita bisa melakukan olahraga kegemaran kita, atau mungkin hanya berjalan-jalan disekitar rumah. Cobalah untuk melakukan hal ini, rasakanlah ketika kita masuk kembali ke ruang kerja kita akan mempunyai semangat baru.

6. Ambilah Air Wudhu

Untuk umat Islam, mungkin cara ini bisa digunakan. Mungkin saja rasa malas yang kita rasakan berasal dari setan. Dengan berwudhu, mudah-mudahan kita akan menjadi lebih bersemangat dan bisa kembali mengerjakan tugas-tugas kita. Jangan lupa juga untuk meluangkan waktu menunaikan sholat fardhu jika sudah memasuki waktunya.

Demikian tips mengatasi rasa malas, berdasarkan pengalaman pribadi saya. Mudah-mudahan bermanfaat.

Selamat Belajar...!!! :)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment