NO BRA DAY, SEHARI TANPA MEMAKAI BRA

No Bra Day, atau hari tanpa bra adalah sebuah bentuk kepedulian terhadap kanker payudara. Peringatan No Bra Day ini dimulai sejak tahun 2011 yaitu di Amerika, oleh para survivor (penyintas) dan pendukung kanker payudara di Amerika Serikat yang kemudian meluas ke berbagai negara di dunia.

Di tahun 2015 ini, kembali diperingati No Bra Day, pada selasa, 13 Oktober 2015 semua perempuan-perempuan di Amerika diminta berpartisipasi untuk tidak menggunakan bra selama sehari penuh. Aksi ini dilakukan bukan sekadar untuk gaya-gayaan atau tujuan negatif lainnya. Meskipun jika dilihat dari budaya kita aksi No Bra Day terdengar tabu, namun ini merupakan wujud keprihatinan dan solidaritas terhadap para penderita kanker payudara.

no bra day


Dikutip dari laman Miami Herald, aksi No Bra Day dijadikan sebagai pengingat para wanita agar melakukan skrining payudara baik dengan cara USG maupun mamografi. Dengan kampanye No Bra Day, diharapkan para wanita memiliki kesadaran untuk mengantisipasi kanker payudara sejak dini.

Di Indonesia sendiri, kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker tertinggi yang diderita perempuan. Sekitar 12.014 kasus kanker payudara ditemukan pada tahun 2010 data ini diperoleh dari Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS).

Menurut Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), jumlah penderita kanker payudara di negara berkembang sebanyak 691.300 dengan angka kematian sebanyak 30 persen. Hal ini, sebenarnya bisa dihindari jika kanker payudara terdeteksi sejak dini. Oleh karena itu diperlukan kesadaran untuk memeriksakan kesehatan payudara. Cara praktis yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksakan diri di mobil mamografi.

Sebagai langkah awal ada sebuah metode yang bisa kita praktekkan sendiri sebelum memeriksakan diri ke dokter, metode ini dikenal dengan metode SADARI.
Berikut adalah gambar metode SADARI yang bisa dipraktekkan di rumah :

no bra day, metode sadari, kanker payudara

Menurut Walta Gautama, dokter spesialis bedah onkologi,  mengungkapkan bahwa untuk melakukan SADARI, langkah pertama yang harus diketahui adalah mengenal batas-batas payudara. Menurutnya, payudara itu bukan cuma yang menonjol, batas dari atas dua jari di bawah tulang bahu, batas tengah, garis tengah, batas samping, garis tengah ketiak, batas bawah yang melingkar. Setelah mengetahui batas-batas payudara maka lakukanlah metode ini dengan menyeluruh dan jangan sampai ada yang tertinggal.

Demikianlah artikel pilihan tentang No Bra Day, semoga bermanfaat dan meningkatkan kesadaran kita akan bahaya kanker payudara, terutama bagi perempuan.




Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment